Mencari Alloh dengan memahami Bismillaahir rohmaanir rohiimi

Bismillaahir rohmaanir rohiim
Sholawatulloh wa sallam ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala aliihi wa shohbihi ajmaiin

Sering kita mendengar tentang istilah syareat, tarekat, Haketkat dan Ma’rifat, dalam menjalankan kehidupan ini, alangkah baiknya kita mempunyai prespektif lain dalam memaknai ke 4 hal tersebut agar menjadi mudah dan lebih aplikatif .

1. Syareat/ Syareat
secara bahasa berarti sumber mata air yang mengalir yang dapat dipakai untuk minum siapa saja. Ini dapat juga diartikan sebagi bekal yang dibutuhkan, bekal-bekal penting dalam kehidupan. Ini pula mengapa Nabi Muhammad saw walaupun sudah dijamin masuk Al Jannah dan selamat tetap melakukan ritual syariat dengan sempurna dan tidak meninggalkannya.
2. Tarekat/ Thoriqoh
secara bahasa berarti Jalan, atau cara untuk mencapai tujuan. Begitu banyak jalan dan begitu banyak cara yang ada kita tinggal memilih manakah yang paling singkat, tepat dan cocok untuk kita. Seperti tarekat Syek Abdul Qodir al Jailani ra, atau Tarekat At Tijani Atau An Naqsyabandiyah serta As Syazilliy ra
3. Hakekat
Hakekat adalah tujuan yang kita harapkan atau tujuan yang kita tempuh. Makanya orang orang yg sudah mencapai tingkat hakekat biasanya orang itu sangat tenang dan bijaksana. Muthmainnahnyalah yang mendominasi sikap kehidupannya.
4. Ma’rifat
Adalah suatu kepangkatan atau harkat derajat yang di akui oleh Alloh ta’ala termasuk yang terbaik yaitu, kepangkatan orang-orang Arifin. Orang-orang yang mulia dan terhormat.

Oleh karena itu bis terbayang seseorang yang memahami dan mengamalkan ke 4 hal tersebut diatas seperti apa? atau seperti siapakah ??

selamat dan semangat mengamalkan bersama..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: