Mencari Alloh dengan memahami Bismillaahir rohmaanir rohiimi

Bismillaahir rohmaanir rohiim

Tadi malam melihat catatan Mama tentang bagaimanakah caranya untuk menjadi hamba, abdul atau abdal itu…. bagimana meningkatkannya…..

Ternyata dapat di kelompokkan menjadi :

SADAR _ SABAR_SYUKUR_TAWAKAL

keempat keadaan di atas di perjelas dengan tiga kondisi

Tahap Awal

1. Yakin

2. Taubat atau bebersih lahir dan bathin

QS. Al Baqoroh 2:222 ‘Sesungguhnya Alloh ta’ala menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri’

3. Takwa

4. Khalwat atau uzlah

Daripada tergoda… silahkan perngi menyendiri deh…  maksudnya bukan sekedar pergi ke gunung atau ke gua….

pada saat banyak hawa nafsu berseliweran dan merajalela kita harus menyendiri tidak mengikuti dan tidak dapat ditundukkan oleh hawa nfsu kita yang membawa kejelekkan….

Tahap Pertengahan

1. Khauf

Takut dalam hidup ini melakukan kesalahan yang tidak dikehendaki dalam Al Qur’an. Takut dalam hidup ini sia-sia saja. Takut dalam hidup ini tidak beribadah dengan benar. Takut tidak bisa ma’rifat kepada Alloh ddengan sebenar-benarnya ma’rifat. Takut tidak bisa beribadah kepada Alloh ta’ala dengan sebenar-benarnya ibadah.

2. Raja’

Berharap …. panjang pengharapan untuk bertemu dengan Alloh dalam keadaan yang di Ridho’inya…. QS Al An kabut : 5 ‘ Siapa saja yang berharap untuk bertemu dengan kudrot dan irodatnya Alloh ta’ala, maka sesungguhnya yang dijanjikan itu pasti Akan datang’

3. Khusyu

QS Al Mukminuun : 1-2 “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, mereka itu khusyu dalam shalatnya”

4. Mahabbah

cinta oh cinta….. coba deh pikirkan cinta yang gimana sih yang bisa ningkatkeun kadar ke Abdul-an dan ke abdal- kita???

Tahap Akhir

1. Juhud atau mujahadah

‘ zuhud atau juhud’  ini berarti benar-benar menjalankan apa yang diperintahkan oleh alloh melalui hukum-hukumNya Alloh ta’ala.

Upaya-upaya seseorang untuk bersungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada Alloh ta’ala….

QS Al Ankabut : 69 ‘ Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh (jihad) untuk mencari keridoa-an KAmi, maka Kami akan menunjukkan jalan KAmi’

2. Wara’

(meninggalkan segala sesuatu ayang tidak jelas hukumnya atau meragukan) tetapi dalam kaidah asma wara itu adalah menyerahkan diri atau menyarandekeun diri kana hukum-hukumNa Alloh ta’ala.

Comments on: "Meningkatkan kadar ‘Abdul’ ‘Abdal’ ternyata dapat dengan Belajar Rahasia Huruf Nuun" (6)

  1. Dimana saya dapat tulisan-tulisan mama amilin yang asli mas?

  2. Wuiiihhh emang mantep kalu ada garis lurus dr atas.

    ijin menyimak ya kang.

    Jangan nanggung atuh nulisnya, sekali selesai biar enak bacanya…hahahaha

    ngeyel.com

  3. yus rusmana said:

    ass wrwb
    mohon maaf klo boleh menambahkan arti abdul dan abdal.abdul artinya hamba klo ditambah jabbar berari hamba yang perkasa.tapi kalau abdal jamak dari kata abdul mempunyai arti yang diabdi jadi klo ditambah jabbar berarti yang diabdi yang perkasa siapa?

  4. satuju sareng kang jolang, sing pertela atuh kang sareng tong sapotong-sapotong.nuhun

  5. kang bumi dibandungna di mana..??
    adakah pembahasaan HIZRIL JAUSAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: